Arsip

Arsip untuk September, 2022

Kunjungan ke Prodi Sasing UIN RMS Solo

Pada tanggal 14 September 2022, dosen Prodi Sasing UTM melakukan kunjungan ke Prodi Sasing UIN Raden Mas Said Solo.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Prodi Sasing UTM dengan Prodi Sasing UIN RMS Solo yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya. Kunjungan kali ini lebih terfokus dalam hal manajemen prodi dan penjaminan mutu. Diharapkan bahwa kunjungan ini akan semakin meningkatkan jalinan kerjasama antar prodi yang berdampak pada akreditasi prodi.

Kategori:Uncategorized Tag

Kunjungan ke Prodi Sasing UNS

Kunjungan Manajemen prodi ke Sasing UNS

Di dalam rangka meningkatkan mutu manajemen prodi, beberapa dosen Program Studi Sastra Inggris FISIB UTM melakukan kunjungan ke prodi sastra Inggris UNS pada tanggal 13 september 2022.


Di dalam sambutan nya, Korprodi Sastra Inggris FISIB UTM, Ibu Miftahur Roifah M.A menyampaikan maksud dari kunjungan tersebut yaitu ingin mendapatkan gambaran dan wawasan yang mendalam terkait manajemen prodi yang efektif dan mampu meningkatkan mutu prestasi mahasiswa baik akademik maupun non akademik.


Pelaksanaan kunjungan berjalan dengan hangat dan banyak sekali masukan dan manfaat yang didapatkan dari prodi sasing UNS. Korprodi sasing UNS di dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait bagaimana mengatur prodi, HMJ, maupun pelaksaan MBKM. Kunjungan ini berakhir dengan akan ditingkatkan di dalam bentuk kerjasama antar prodi terutama terkait dengan pengelolaan jurnal, dll.

Kategori:Uncategorized Tag

Mahasiswa Sasing UTM Magang MBKM di Lembaga Penerjemahan Malang

Beberapa mahasiswa sastra Inggris UTM sedang melaksanakan Magang MBKM di lembaga Penerjemahan Malang. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Kurikulum MBKM yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Kegiatan Magang MBKM ini dilaksanakan selama kurang lebih 6 (enam) bulan secara luring di lembaga tersebut. Bapak Halili dalam sambutan nya pada saat mengantarkan mahasiswa, mengatakan bahwa kegiatan tersebut pada dasarnya merupakan kegiatan di dalam memberikan wadah yang luas dan fleksibel kepada para mahasiswa di dalam menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah.

Selama pelaksanaan kegiatan magang ini akan dipantau langsung oleh Prodi dan dibimbing langsung oleh dosen pengampu MK Translation, yaitu Bapak Masduki. Kegiatan ini juga akan dievaluasi bersama dengan lembaga tempat magang guna menjaga mutu kegiatan magang dengan harapan bahwa kegiatan magang ini betul-betul membekali mahasiswa dalam kegiatan nyata di tempat kerja.

Kategori:Uncategorized Tag

Mahasiswa Sastra Inggris Magang di Beritajatim.com.

Sebanyak empat orang mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo (UTM) Bangkalan Madura menjalani praktik magang (internship 2022) di beritajatim.com. Para mahasiswa UTM Bangkalan ini akan melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama 5 bulan Agustus 2022 hingga Desember 2022 dengan bobot 20 SKS atau 906 jam kegiatan belajar.

Desi Puspitasari SS.MPd dosen pembimbing mahasiswa mengatakan prodi Sastra Inggris UTM telah menerapkan kurikulum MBKM sejak tahun 2020. “Kurikulum MBKM di Prodi Sastra Inggris terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan dan tugas akhir,” kata Desi, Selasa (23/8/2022).

Ditambahkannya mengahadapi kemajuan perubahan sosial, budaya dan dunia kerja serta kemajuan teknologi kompetensi mahasiswa harus disiapkan agar lebih gayut dengan dengan kebutuhan zaman. Kapasitas mahasiswa tidak hanya link and match dengan dunia industri dan dunia kerja, tetapi juga dengan masa depan yang saat ini telah berubah dengan cepat.

“Perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara optimal dan relevan,” tandas Desi.
Sementara Redaktur Pelaksana beritajatim.com Teddy Ardianto Hendrawan yang menerima para mahasiswa magang tersebut menjelaskan para mahasiswa selama magang akan terjun dalam dunia bisnis digital.

“Mahasiswa magang akan kami tempa secara penuh dalam dunia kerja di era digital dan bisnis Teknologi informasi,” kata Teddy. Diharapkan mahasiswa bekerja dengan baik dan memahami aspek dunia kerja digital dan mampu mengembangkan kemampuan teknologi dan bahasa

Kategori:Uncategorized Tag