Beranda > Uncategorized > HIBAH PENGABDIAN MASYARAKAT 2020

HIBAH PENGABDIAN MASYARAKAT 2020

Pengabdian masyarakat (Abdimas) merupakan bentuk perwujudan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program ini dilaksanakan dengan bantuan serta bimbingan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Adanya wabah Covid-19 ini, membuat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menginisiasi model pengabdian masyarakat yang bertujuan membantu pemerintah serta masyarakat dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 yang semakin meluas serta memberikan paradigma yang bersifat lebih kontekstual dengan mengubah paradigma pembangunan (development) menjadi paradigma pemberdayaan (empowerment) dengan filosofi utama co-operate, co-financing dan co-benefit.

 

IMG-20200718-WA0049
IMG_20200718_114455

 

Salah satu tugas seorang dosen adalah melaksanakan tri darma perguruan tinggi dan  salah satu nya adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa dosen sastra Inggris yaitu Dr. Masduki, M.Pd dan Misnadin, SS, M.A., Ph. D telah mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat (Abdimas) 2020 yang diselenggarakan oleh LPPM UTM. Adapun salah satu kegiatan Abdimas tersebut di beri tema: Pelatihan Ketrampilan Penerjemahan Wisata Kuliner Madura bagi Siswa terdampak Pandemi Covid-19.

 

IMG-20200927-WA0032

 

IMG-20200927-WA0029

 

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah: a)  meningkatkan kemauan para siswa di dalam ketrampilan penerjemahan wisata kuliner Madura,   b)       meningkatkan kemampuan para siswa di dalam ketrampilan penerjemahan wisata kuliner  Madura yang meliputi kemampuan memahami teori penerjemahan, memahami cara menerjemahkan wisata kuliner Madura, mengumpulkan bahan-bahan rujukan wisata kuliner  Madura, dan memberikan ide dasar melalui ketrampilan menerjemahkan wisata kuliner  Madura dalam meningkatkan ekonomi maupun promosi wisata.

Pelaksanaan Abdimas tersebut dilaksanakan bersamaan pada saat KKN mahasiswa UTM pada bulan Juli 2020 yang pelaksanaan nya tersebar di berbagai daerah antara lain Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Gresik, Jombang, dan sebagainya sesuai dengan karakter KKN Tematik. Pelaksanaan kegiatan ini dirasakan oleh peserta sangat memuaskan dengan indikator pelatihan yang cukup baik.  Oleh karena itu hasil dari kegiatan diharapkan dapat dilaksanakan pada tempat dan waktu yang berbeda. Namun demikian, diharapkan agar peserta pelatihan dapat mengembangkan terus ketrampilan dan wawasan mereka.

Kategori:Uncategorized Tag