Beranda > Uncategorized > Workshop Pemutakhiran Kurikulum Berbasis KKNI

Workshop Pemutakhiran Kurikulum Berbasis KKNI

DSC00704DSC00715DSC00738DSC00735DSC00751DSC00747DSC00724DSC00713

Pembaharuan kurikulum perlu dilakukan sebab tidak ada satu kurikulum yang sesuai dengan sepanjang masa, kurikulum harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang senantiasa cenderung berubah. Karena itulah Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura mengadakan kegiatan Workshop Pemutakhiran Kurikulum Berbasis KKNI pada tanggal 19 November 2015.

Kegiatan diawali dengan pemateri yang menyampaikan materi mengenai definisi dari Kurikulum KKNI, level kualifikasi dan capaian pembelajaran. Pemateri juga menjelaskan mengenai perubahan konsep kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia, deskripsi kualifikasi pada KKNI, deskripsi capaian pembelajaran yang terdiri dari empat unsur, yaitu kemampuan kerja, sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, kemampuan dan tanggung jawab. Dalam kesempatan ini, prodi mendatangkan pula beberapa alumni dan stakeholder yang diharapkan mampu memberikan pandangan dan masukan untuk pengembangan kurikulum prodi di masa depan agar sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan aplikasi KKNI pada masing-masing konsentrasi, yakni konsentrasi Linguistik dan Sastra. Untuk melakukan revisi kurikulum, hal pertama yang perlu dilakukan oleh program studi adalah memetakan profil lulusan, setelah itu memetakan kompetensi utama dan khusus dari suatu MK, dan penentuan bahan kajian MK. Acara ditutup dengan foto bersama antara dosen-dosen dan pemateri.

Kategori:Uncategorized Tag