Beranda > Uncategorized > Kuliah Tamu Mata Kuliah Theory of Literature

Kuliah Tamu Mata Kuliah Theory of Literature

DSC00757DSC00758DSC00765DSC00766DSC00762DSC00793DSC00775DSC00770

 

Pengajaran Sastra tidak pernah bisa lepas dari pemahaman mahasiswa atas teori-teori yang dapat digunakan untuk menganalisa sebuah karya sastra. Mulai dari teori strukturalisme sampai dengan teori eco criticism, semua menjadi sangat penting untuk diperkenalkan kepada mahasiswa karena dengan menguasai banyak teori, mahasiswa akan dapat melihat sebuah karya sastra tidak hanya dari satu perpektif saja.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Prodi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura mengadakan sebuah kegiatan yang rencananya akan diadakan setiap tahun. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sebuah kuliah tamu yang diadakan pada tanggal 20 November 2015.

Kegiatan ini dibuka pada pukul 8.30 pagi dan diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura yang berumlah lebih dari 100 orang. Kegiatan dimulai dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Yusri Fajar, M. A. mengenai latar belakang, definisi dan aplikasi teori poskolonial secara sederhana dan gamblang. Definisi dan konsep dari beberapa tokohnya seperti Bhaba dan Spivak, menegaskan fungsi teori ini dalam analisa karya sastra. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian contoh analisa karya sastra dengan menggunakan teori Poskolonial. Setelah itu diberikan contoh untuk pengaplikasian teori ini pada beberapa novel dan pemutaran film, sehingga menjadikan mahasiswa dapat memahami teori ini dengan mudah.

Pada akhir kegiatan, dilakukan sesi tanya jawab. Antusiasme terhadap kegiatan ini sangat terlihat dari semangat para peserta yang ingin mengajukan pertanyaan. Namun karena keterbatasan waktu, hanya dibuka dua sesi pertanyaan. Pada sesi pertama, diambil dua pertanyaan dari peserta, sedangkan pada sisi kedua, pemateri menjawab tiga pertanyaan dari peserta. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama antara pemateri, para dosen, dan peserta.

Kategori:Uncategorized Tag