Kurikulum Baru 2012 (MK dan Konversinya)
DAFTAR SELURUH MATAKULIAH PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS
DAN KONVERSINYA PADA TAHUN 2012
A. KELOMPOK MATAKULIAH WAJIB UNIVERSITAS
KURIKULUM LAMA |
KURIKULUM 2012 |
|||||||
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
UNG 101 |
Pendidikan Agama Islam |
3 |
2 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
2 |
UNG 108 |
Pendidikan Kewarganegara-an |
3 |
1 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
3 |
UNG 109 |
Bahasa Indonesia |
3 |
2 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
4 |
UNG 111 |
Kuliah Kerja Nyata |
3 |
7 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
6 |
|
|
JUMLAH SKS |
12 |
|
|
JUMLAH SKS |
12 |
|
B. KELOMPOK MATAKULIAH WAJIB PRODI
Non-Bahasa Inggris
KURIKULUM LAMA |
KURIKULUM 2012 |
|||||||
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 157 |
Critical thinking |
2 |
1 |
|
|
|
|
2 |
SBE 158 |
Manusia dan Kebudayaan Indonesia |
2 |
1 |
SBE 101 |
Madurese Studies |
TETAP |
TETAP |
3 |
SBE 107 |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
UNG 107 |
TETAP |
3 |
7 |
4 |
SBE 146 |
French I* |
2 |
3 |
SBE 102 |
TETAP |
TETAP |
2 |
5 |
SBE 246 |
French II* |
2 |
4 |
SBE 106 |
TETAP |
TETAP |
3 |
|
SBE 147 |
Arabic I* |
|
4 |
SBE 104 |
TETAP |
TETAP |
2 |
|
SBE 247 |
Arabic II* |
|
4 |
SBE 107 |
TETAP |
TETAP |
3 |
|
SBE 148 |
Japanese I* |
|
4 |
SBE 103 |
TETAP |
TETAP |
2 |
|
SBE 248 |
Japanese II* |
|
4 |
SBE 108 |
TETAP |
TETAP |
3 |
|
|
|
|
|
SBE 105
|
Korean I |
TETAP |
2 |
|
|
|
|
|
SBE 109
|
Korean II |
TETAP |
3 |
10 |
SBE 156 |
Kesusasteraan Indonesia |
2 |
1 |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
12 |
|
|
JUMLAH SKS |
9 |
|
Matakuliah English Bersama
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 140 |
Cross Cultural Understanding |
2 |
3 |
SBE 110
|
TETAP |
TETAP |
TETAP |
2 |
SBE 141 |
American Studies |
2 |
2 |
|
|
|
|
3 |
SBE 142 |
British Studies |
2 |
3 |
|
|
|
|
4 |
SBE 143 |
Australian Studies |
2 |
4 |
|
|
|
|
5 |
SBE 137 |
History of English Language |
2 |
2 |
SBE 307
|
TETAP |
TETAP |
4 |
6 |
SBE 116 |
Phonetics and Pronounciation |
2 |
1 |
|
|
|
|
7 |
SBE 441 |
TEFL |
2 |
7 |
SBE 329
|
TETAP |
TETAP |
6 |
8 |
SBE 145 |
Thesis |
6 |
8 |
SBE 501 |
TETAP |
TETAP |
7 |
9 |
SBE 153 |
Journalism |
2 |
5 |
SBE 133 |
TETAP |
TETAP |
3 |
10 |
SBE 161 |
Stylistics |
2 |
6 |
SBE 311 |
TETAP |
TETAP |
5 |
11 |
SBE 128 |
Introduction to English Literature |
3 |
3 |
SBE 201 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
12 |
SBE 118 |
Introduction to General Linguistics |
3 |
3 |
SBE 201 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
13 |
SBE 119 |
Phonology |
2 |
4 |
SBE 304 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
14 |
SBE 136 |
History of English Literature |
2 |
4 |
SBE 307 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
15 |
SBE 138 |
Translation I |
2 |
4 |
SBE 203 |
TETAP |
TETAP |
3 |
16 |
SBE 238 |
Translation II |
2 |
5 |
SBE 204 |
TETAP |
TETAP |
4 |
17 |
SBE 338 |
Translation III |
2 |
6 |
|
|
|
|
18 |
SBE 129 |
Prose I |
2 |
5 |
SBE 301 |
Prose |
TETAP |
4 |
19 |
SBE 130 |
Poetry I |
2 |
5 |
SBE 303 |
Poetry |
TETAP |
5 |
20 |
SBE 131 |
Drama I |
2 |
5 |
SBE 302 |
Drama |
TETAP |
4 |
21 |
SBE 123 |
Discourse Analysis |
2 |
6 |
SBE 309 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
22 |
SBE 144 |
Thesis Writing Design |
2 |
6 |
|
|
|
|
23 |
SBE 439 |
Interpreting |
2 |
7 |
SBE 205 |
TETAP |
TETAP |
5 |
|
|
JUMLAH SKS |
52 |
|
|
JUMLAH SKS |
42 |
|
Matakuliah Keahlian (English Skills)
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 112 |
Listening Comprehension I |
2 |
1 |
SBE 111 |
Listening I |
TETAP |
TETAP |
2 |
SBE 212 |
Listening Comprehension II |
2 |
2 |
SBE 116 |
Listening II |
TETAP |
TETAP |
3 |
SBE 312 |
Listening Comprehension III |
2 |
3 |
SBE 121 |
Listening III |
TETAP |
TETAP |
4 |
SBE 412 |
Listening Comprehension IV |
2 |
4 |
SBE 126 |
Listening IV |
TETAP |
TETAP |
5 |
SBE 512 |
Listening Comprehension V |
2 |
5 |
|
|
|
|
6 |
SBE 113 |
Speaking I |
2 |
1 |
SBE 112 |
Speaking I |
4 |
TETAP |
7 |
SBE 213 |
Speaking II |
2 |
2 |
SBE 117 |
Speaking II |
4 |
TETAP |
8 |
SBE 313 |
Speaking III |
2 |
3 |
SBE 122 |
Speaking III |
TETAP |
TETAP |
9 |
SBE 413 |
Speaking IV |
2 |
4 |
SBE 127 |
Speaking IV |
TETAP |
TETAP |
10 |
SBE 114 | Reading Comprehension I |
2 |
1 |
SBE 113 |
Reading I |
TETAP |
TETAP |
11 |
SBE 214 | Reading Comprehension II |
2 |
2 |
SBE 118 |
Reading II |
TETAP |
TETAP |
12 |
SBE 314 | Reading Comprehension III |
2 |
3 |
SBE 123 |
Reading III |
TETAP |
TETAP |
13 |
SBE 414 | Reading Comprehension IV |
2 |
4 |
SBE 128 |
Reading IV |
TETAP |
TETAP |
14 |
SBE 418 | Reading Comprehension V |
2 |
5 |
|
|
|
|
15 |
SBE 115 | Writing I |
2 |
1 |
SBE 114 |
Writing I |
4 |
TETAP |
16 |
SBE 215 | Writing II |
2 |
2 |
SBE 119 |
Writing II |
4 |
TETAP |
17 |
SBE 315 | Writing III |
2 |
3 |
SBE 124 |
Writing III |
TETAP |
TETAP |
18 |
SBE 415 | Writing IV |
2 |
4 |
SBE 129 |
Writing IV |
TETAP |
TETAP |
19 |
SBE 117 | Structure I |
2 |
1 |
SBE 115 |
Structure I |
4 |
TETAP |
20 |
SBE 217 | Structure II |
2 |
2 |
SBE 120 |
Structure II |
4 |
TETAP |
21 |
SBE 317 | Structure III |
2 |
3 |
SBE 125 |
Structure III |
TETAP |
TETAP |
22 |
SBE 417 | Structure IV |
2 |
4 |
SBE 130 |
Structure IV |
TETAP |
TETAP |
23 |
SBE 517 | Structure V |
2 |
5 |
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
46 |
|
|
JUMLAH SKS |
52 |
|
Matakuliah Konten Linguistik
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 120 |
Morphology |
2 |
5 |
SBE 305 |
TETAP |
TETAP |
4 |
2 |
SBE 121 |
Syntax |
2 |
5 |
SBE 306 |
TETAP |
TETAP |
5 |
3 |
SBE 122 |
Semantics |
2 |
6 |
SBE 314
|
TETAP |
3 |
5 |
4 |
SBE 124 |
Sociolinguistics |
2 |
6 |
SBE 316 |
TETAP |
3 |
6 |
5 |
SBE 125 |
Psycholinguistics |
2 |
7 |
SBE 317 |
TETAP |
3 |
6 |
6 |
SBE 126 |
Linguistics Research Methodology |
3 |
5 |
SBE 401 |
TETAP |
TETAP |
6 |
7 |
SBE 127 |
Seminar on Linguistics |
2 |
7 |
|
|
|
|
8 |
SBE 164 |
Pragmatics |
2 |
7 |
SBE 315 |
TETAP |
3 |
6 |
9 |
SBE 167 |
Systemic Functional Linguistics |
2 |
7 |
SBE 312 |
History of Linguistics |
3 |
|
10 |
SBE 150 |
Public Relation |
2 |
6 |
SBE 131 |
TETAP |
TETAP |
5 |
11 |
SBE 152 |
Contrastive Analysis |
2 |
6 |
SBE 327 |
TETAP |
TETAP |
6 |
12 |
SBE 160 |
Semiotics |
2 |
6 |
SBE 310 |
TETAP |
TETAP |
5 |
|
|
JUMLAH SKS |
25 |
|
|
JUMLAH SKS |
27 |
|
Matakuliah Konten Sastra
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 229 |
Prose II |
2 |
6 |
SBE 319 |
Advanced Prose |
TETAP |
TETAP |
2 |
SBE 329 |
Prose III |
2 |
7 |
SBE 310 |
Semiotics |
2 |
|
3 |
SBE 230 |
Poetry II |
2 |
6 |
SBE 320 |
Advanced Poetry |
TETAP |
TETAP |
4 |
SBE 330 |
Poetry III |
2 |
7 |
SBE 306 |
Syntax |
TETAP |
5 |
5 |
SBE 231 |
Drama II |
2 |
6 |
SBE 321 |
Advanced Drama |
TETAP |
TETAP |
6 |
SBE 331 |
Drama III |
2 |
7 |
SBE 322 |
Film Appreciation |
3 |
|
7 |
SBE 132 |
Theory of Literature |
3 |
5 |
SBE 318 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
8 |
SBE 133 |
Literary Research Methodology |
3 |
5 |
SBE 402 |
TETAP |
TETAP |
6 |
9 |
SBE 134 |
Literary Criticism |
2 |
7 |
SBE 323 |
TETAP |
TETAP |
6 |
10 |
SBE 135 |
Seminar on Literature |
2 |
7 |
|
|
|
|
11 |
SBE 166 |
Sociology of Literature |
2 |
6 |
SBE 324 |
TETAP |
TETAP |
5 |
|
|
JUMLAH SKS |
24 |
|
|
JUMLAH SKS |
18 |
|
Matakuliah Konten Linguistik Pilihan
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 170 |
Lexicography |
2 |
7 |
|
|
|
|
2 |
SBE 165 |
Etimology |
2 |
7 |
|
|
|
|
3 |
SBE 155 |
English for Business |
2 |
6 |
SBE 132 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
4 |
SBE 162 |
Comparative Linguistics |
2 |
6 |
|
|
|
|
5 |
SBE 167 |
Statistics for Linguistics |
2 |
7 |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
|
|
|
JUMLAH SKS |
2 |
|
Matakuliah Konten Sastra Pilihan
NO |
KODE |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
KODE BARU |
NAMA MK |
SKS |
SEMESTER |
1 |
SBE 154 | Creative Literary Writing |
2 |
7 |
|
|
|
|
2 |
SBE 150 | Public Relation |
2 |
6 |
SBE 131 |
TETAP |
TETAP |
5 |
3 |
SBE 155 | English for Business |
2 |
6 |
SBE 132 |
TETAP |
TETAP |
TETAP |
4 |
SBE 168 | Comparative Literature |
2 |
7 |
SBE 328 |
TETAP |
TETAP |
5 |
|
JUMLAH SKS |
|
|
|
JUMLAH SKS |
6 |
|
SEPUTAR KONVERSI MK
- Gambaran umum kurikulum kita setelah konversi: jumlah matakuliah berkurang dari 92 menjadi 77 (ada 17 nama matakuliah yang hilang (lihat lampiran), dan ada 2 MK baru (Korean 1 dan 2).
- Terdapat 8 jenis konversi pada kurikulum 2012, yaitu:
- Konversi kurikulum berupa penghapusan MK
- Konversi kurikulum berupa penambahan MK
- Konversi kurikulum berupa perubahan kode MK
- Konversi kurikulum berupa perubahan nama MK
- Konversi kurikulum berupa perubahan SKS MK
- Konversi kurikulum berupa perpindahan sebaran MK
- Konversi kurikulum berupa perubahan MK dari status wajib menjadi pilihan
- Konversi kurikulum berupa perubahan MK dari status wajib salah satu konsentrasi menjadi wajib bersama
- Kurikulum kita menjadi ramping karena menerapkan filosofi “MEMPERINGAN BEBAN KONSENTRASI DOSEN DAN MEMPERCEPAT KELULUSAN MAHASISWA”
- Jika kurikulum 2012 diberlakukan, dan mahasiswa angkatan lama wajib mengikuti kurikulum baru, mahasiswa lama akan menjumpai beberapa hal fenomenal. Adapun hal-hal fenomenal tersebut adalah:
- Mahasiswa sophomore dan senior (tahun ke 3 dan 4) akan jelas dirugikan. Hasil kerja keras mereka mengikuti MK menjadi tidak diakui. Beberapa MK yang telah mereka ambil tidak akan muncul dalam KHS.
- Efek positifnya, lebih mudah mengkonversi kurikulum yang berMK banyak menjadi kurikulum berMK sedikit karena tinggal membuang saja mana MK yang tidak ada di kurikulum baru. Ini berbeda jauh dari konversi kurikulum yang berMK sedikit menjadi MK banyak karena mahasiswa harus mengambil MK-MK baru.
- Kurikulum kita juga mengadopsi konversi “penambahan SKS sedikit menjadi banyak” sehingga akan banyak menguntungkan mahasiswa. Mereka yang sebelumnya mengambil MK ber SKS sedikit seperti 2 akan tiba-tiba berubah menjadi 3 atau 4. Namun perlu diingat, jika ada mahasiswa semester 2 dan 4 pernah mendapat nilai “JELEK” di semester 1 dan 3, nilai itu akan menjadi “BEBAN” karena ketika dikonversi SKSnya menjadi naik. Beruntunglah bagi mereka yang nilainya “BAIK”, karena mereka akan dapat “TAMBAHAN NILAI GRATIS.”
- Di lain pihak, muncul juga masalah lain karena mahasiswa sophomore dan senior harus mengambil MK baru wajib (yang untungnya cuma 3 jenis) yaitu Semiotik (untuk mahasiswa konsentrasi sastra karena dulunya untuk konsentrasi linguistik), Film apreciation (untuk konsentrasi sastra), serta History of Linguistics (untuk konsentrasi linguistik).
- Untuk “sedikit” menghargai jerih payah mahasiswa, MK Film appreciation (untuk konsentrasi sastra) dengan kode SBE 322 tidak perlu diambil jika mahasiswa telah mengambil MK Drama III dengan kode SBE 331, dan MK History of Linguistics dengan kode SBE 312 (untuk konsentrasi linguistik) tidak perlu diambil jika mahasiswa telah menempuh MK Systemic Functional Linguistics dengan kode SBE 167.
- Mahasiswa yang telah mengambil MK pilihan, dan pilihan mereka masuk ke dalam MK yang dihapus, dan total SKS MK pilihan mereka kurang dari 8 SKS, maka mereka DIWAJIBKAN menggenapi/melengkapi SKS MK pilihan mereka dengan mengambil MK pilihan yang ada di kurikulum baru.
- Khusus mahasiswa angkatan 2009 yang akan menempuh semester 7, ada beberapa kebijakan tambahan. Mahasiswa konsentrasi sastra yang telah menempuh phonetics, maka tidak perlu menempuh MK phonology. Mahasiswa konsentrasi sastra yang telah menempuh semantics, tidak perlu menempuh MK syntax.
- Daftar MK yang tidak ditawarkan lagi:
SBE 157 |
Critical thinking |
2 |
SBE 156 |
Kesusasteraan Indonesia |
2 |
SBE 441 |
TEFL |
2 |
SBE 338 |
Translation III |
2 |
SBE 144 |
Thesis Writing Design |
2 |
SBE 512 |
Listening Comprehension V |
2 |
SBE 418 |
Reading Comprehension V |
2 |
SBE 517 |
Structure V |
2 |
SBE 127 |
Seminar on Linguistics |
2 |
SBE 329 |
Prose III |
2 |
SBE 330 |
Poetry III |
2 |
SBE 331 |
Drama III |
2 |
SBE 135 |
Seminar on Literature |
2 |
SBE 170 |
Lexicography |
2 |
SBE 165 |
Etimology |
2 |
SBE 162 |
Comparative Linguistics |
2 |
SBE 167 |
Statistics for Linguistics |
2 |
Info di atas tidak cukup untuk menerangkan seluruh konversi kurikulum dari lama ke baru. Mahasiswa yang masih kebingungan dengan info diatas, silahkan menghubungi dosen wali masing-masing/kaprodi-sekprodi Sasing
Komentar Terakhir